Tips Memilih dan Merawat Powerbank

January 28, 2020

Pemakaian powerbank semakin banyak seiring dengan tak bisa lepasnya manusia dari penggunaan gadget dalam kesehariannya.

Smartphone memiliki kekuatan daya tahan hidup yang berbeda-beda tergantung pada jenis pemakaiannya, biasanya bisa bertahan 3 jam hingga setengah hari.

Apa itu Powerbank atau Bank Daya

Power bank atau Bank daya merupakan suatu portable charger, yakni merupakan suatu perangkat yang memiliki fungsi untuk memasok energi listrik ke dalam suatu baterai yang jenis bisa diisi ulang dari suatu perangkat, yang tanpa harus dengan menghubungkan perangkat tersebut pada suatu outlet listrik.

Tips Memilih Powerbank

Selain memiliki beragam ukuran dan warna, Powerbank juga terdiri atas berbagai kapasitas penyimpanan daya. Kapasitas penyimpanan daya tersebut dinyatakan dalam ukuran mAh. Hal terpenting yang harus diperhatikan dalam membeli suatu powerbank itu adalah dengan memperhatikan besaran daya mAh nya. Berikut hal-hal yang perlu dilakukan pada saat mau membeli suatu powerbank.

Sesuaikan dengan Kapasitas Smartphone
Smartphone yang ada pada saat ini sangat beragam juga jenisnya, terdapat banyak merk dan juga berbagai jenis spesifikasinya, dan juga berbagai ukuran daya kapasitas baterainya. Kapasitas baterai smartphone itu rata-rata sekitar 3100 mAh atau lebih. Panjang atau pendeknya daya tahan nyala suatu ponsel itu selain tergantung pada ukuran daya tahan baterainya, juga tergantung pada jenis pemakaiannya. Pada saat ponsel dibawa ke luar atau ketika pada suatu lokasi yang sulit mendapatkan atau menemukan suatu songket colokan daya listrik untuk mencharger ponsel maka lantas diperlukanlah adanya powerbank, sebagai portable charger. Jika ingin membeli suatu powerbank maka pilihlah powerbank yang memilili total daya 2 kali lipat dari kapasitas daya baterai smartphone. Jadi untuk suatu smartphone dengan daya baterai sekitar 3000 mAh, maka belilah powerbank dengan daya berkapasitas sebesar minimal 6000mAh. Hal tersebut dengan pertimbangan bahwa agar powerbank tersebut dipergunakan secara cukup setidaknya hingga untuk sebanyak 2 kali pengisian.

Memiliki Fitur Pengisian Cepat atau Quick Charge

Lalu pertimbangan berikutnya adalah pilih yang sudah memiliki teknologi quick charge, yakni agar powerbank bisa dengan cepat mengisi baterai. Namun biasanya suatu powerbank yang telah menggunakan teknologi quick charge itu kapasitas minimalnya adalah mulai dari 9000 mAh. Semakin tinggi kapasitas penyimpanan daya suatu powerbank maka akan semakin tinggi harganya. Setelah mempertimbangkan kedua hal tersebut di atas maka lalu bisa mempertimbangkan faktor lainnya, yakni seperti pertimbangan mengenai besar kecilnya ukuran dan bentuk powerbank, serta merk dan juga warnanya, dan lain sebagainya.

Cara Merawat Powerbank

Suatu Power Bank isinya adalah berupa baterai, persis seperti baterai yang ada pada berbagai jenis ponsel. Supaya powerbank dapat awet bertahan lama dipakai, maka powerbank juga haruslah dirawat dan digunakan dengan secara benar dan baik. Berikut cara merawat powerbank.

Perhatikan jenis baterai Powerbank nya

Pertama adalah perhatikan baik-baik mengenai jenis baterainya. Pada saat ini terdapat 2 jenis baterai yang secara umum digunakan pada suatu powerbank, yakni ada baterai Li-ion dan baterai Li-Po. Suatu powerbank yang menggunakan baterai Li-Ion akan memiliki bobot yang lebih berat daripada suatu powerbank yang memakai baterai jenis Li-Po. Itulah salah satu ciri-cirinya. Selain itu juga maka harganya juga akan lebih mahal karena baterai Li-Ion itu memiliki umur yang bisa lebih panjang daripada powerbank yang menggunakan baterai jenis Li-Po. Kesemua jenis baterai lithium tersebut tetap tidak boleh digunakan sampai benar-benar habis total dayanya. Inilah cara merawatnya, agar powerbank bisa awet. Secara ideal maka sisakan daya sekitar 5% hingga 10% maka kemudian bisa segera di charge hingga sampai penuh dayanya. Lalu pada saat ingin menyimpan Powerbank maka pastikanlah bahwa kapasitas dayanya adalah di kisaran 40% hingga 60%. Jangan sampai daya powrrbank digunakan hingga habis seluruhnya. Baterai powerbank jenis Li-Ion dan juga yang bertipe Li-Po tersebut sama-sama tidak memiliki memory effect. Hal ini berbeda dengan baterai yang memiliki memory effect, seperti baterai jenis Ni-Cad atau Ni-MH yang biasanya ada pada suatu notebook entry level. Dengan demikian maka daya kapasitasnya bisa diketahui dengan pasti.

Powerbank tidak boleh jatuh, apalagi untuk powerbank yang berkapasitas besar.

Kemudian juga jaga jangan sampai powerbank tersebut terjatuh terutama untuk powerbank yang memiliki daya kapasitas penyimpanan daya yang cukup besar. Sekitar 60% powerbank yang terjatuh itu maka akan bisa langsung menjadi rusak. Oleh karena itu ada baiknya untuk melapisi suatu powerbamk dengan sesuai yang lunak seprti kain sebagai pelindung power bank guna mengurangi efek benturannya jika pada suatu saat tanpa sengaja powerbank tersebut terjatuh.