Jenis dan Fungsi USB

February 11, 2020

Sobat semua pastinya sudah tidak asing kan dengan USB, karena mungkin hampir setiap hari kita bersentuhan dengan benda tersebut. Namun pasti banyak di antara kita yang tidak tahu kepanjangan dari USB sendiri dan apa saja jenisnya.

USB merupakan singkatan dari Universal Serial Bus dan fungsi dari USB sendiri adalah sebagai penghubung perangkat elektronik yang sifatnya eksternal (seperti mouse, keyboard, printer, dll) ke komputer. Dengan adanya USB seluruh perangkat eksternal tersebut dapat terhubung dengan komputer. Seiring perkembangan komputer, port USB atau colokan USB pada komputer mengalami perubahan sehingga dibuat lah berbagai jenis USB untuk menyesuaikan hal tersebut. Berikut kami bagikan info buat kamu beberapa jenis USB saat ini berdasarkan bentuk fisiknya.

  1. USB Standar Tipe-A

USB standar tipe-A adalah USB yang paling sering kita jumpai karena sangat umum digunakan beberapa perangkat. USB standar tipe-A sendiri berbentuk persegi panjang dan cukup lebar. USB standar tipe-A banyak kita jumpai pada printer, mouse, keyboard, playstation, xbox, USB flahdisk bahkan sering juga kita gunakan sebagai alat transfer data dari smartphone ke komputer. Selain itu beberapa perangkat TV, Speaker, DVD, dan perangkat lainnya juga menggunakan USB standar tipe-A. Hingga saat ini USB standari tipe-A sudah sampai pada versi 3.0. Versi tersebut diklaim mampu melakukan transfer data dengan sangat cepat.

  1. USB Standar Tipe-B

Tipe lain dari USB adalah USB standar tipe-B. Perbedaan bentuk USB standar tipe-B dengan tipe-A tidak terlalu jauh berbeda karena sama sama persegi panjang . Hanya saja USB standar tipe-B bentuknya tidak selebar USB standar tipe-A, dan lebih menyerupai kotak. Beberapa perangkat yang menggunakan USB standar tipe-B seperti scanner, printer tambahan, dan perangkat lainnya. USB standar tipe-B biasanya tidak terlalu umum digunakan hal tersebut karena munculnya tipe USB lain yang lebih simpel dan lebih mudah digunakan.

  1. USB Standar Tipe-C

USB Standar Tipe-C saat ini sudah semakin banyak bermunculan. Komputer keluaran terbaru pada umumnya menggunakan port dengan tipe ini. Selain itu beberapa smartphone keluaran terbaru juga menggunakan USB standar tipe-C. USB standar tipe-C berbentuk oval dan simetris, sehingga pemakainnya lebih mudah bahkan dapat berfungsi pada posisi terbalik sekalipun. Keunggulan USB standar tipe-C ada pada kecepatan transfernya. USB standar tipe-C diklaim memiliki kemampuan transfer data paling cepat dibandingkan dengan tipe lainnya.

  1. Micro USB

Saat ini micro USB juga sangat mudah kita jumpai dan banyak digunakan pada beberapa perangkat. Micor USB memiliki bentuk yang pipih dan lebar. Pada umumnya smartphone kelas menengah ke bawah masih menggunakan micro USB. Selain itu beberapa perangkat pendukung ponsel pintar seperti powerbank, kemera, dan yang lainnya masih menggunakan micro USB. Selain berfungi sebagai alat transfer data, micro USB juga berfungsi sebagai alat mengisi daya baterai.

  1. Lightning

USB lightning merupakan USB yang dibuat khusus untuk produk produk buatan Apple, agar perangkat seperti Iphone, ipad, adaptor listrik, powerbank dan yang lainnya, dapat terhubung dengan komputer atau laptop buatan Apple. USB lightning hanya bekerja pada produk buatan Apple, sehingga jika disambungkan ke prangkat lain tidak akan berfungsi. Bentuk USB lightning sendiri berbentuk pipih dan  persegi panjang namun sangat berbeda dengan bentuk tipe USB lainnya. Itulah beberapa jenis USB dan perangkatnya. Jadi sebelum kamu membelinya, pahami dulu kecocokannya, biar tidak salah beli dapat kamu gunakan.