Kebiasaan Buruk Dalam Menggunakan USB Flashdisk

February 24, 2020

Sejak dulu, mungkin banyak yang menyimpan data – data di CD atau DVD, namun saat ini, segalanya menjadi lebih praktis karena ada USB yang bisa memindahkan data dengan lebih cepat dan juga kapasitas yang lebih besar.

Seperti contohnya flashdisk. Dengan menggunakan flashdisk, anda bisa menyimpan data hingga puluhan bahkan sekarang ratusan giga.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, terdapat cloud storage yang bisa anda gunakan untuk menyimpan data ke internet, bahkan anda bisa menyimpan ber tera – tera data ke cloud storage dengan cara yang sederhana, tetapi, bisa dibilang orang – orang masih lebih memilih menggunakan flashdisk atau harddisk untuk menyimpan data mereka, namun tentu saja, ada beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan para pengguna flashdisk yang membuat alat penyimpan data ini cepat rusak, yaitu;

  1. Menyimpan USB Flashdisk Dekat Dengan Benda Elektronik Lain

Kebiasaan buruk pertama yang sering dilakukan pengguna flashdisk adalah menyimpan benda elektronik di benda elektronik atau gelombang magnet seperti gantungan kunci bermagnet, televise dan lain sebagainya. Jangan pernah melakukan hal ini dan simpan flashdisk di tempat khusus.

  1. Mencabut USB Flashdisk Tanpa Eject

Mencabut flashdisk tanpa melakukan eject tentu saja bisa menyebabkan resiko data yang sedang di pindahkan korup malah yang paling buruk menyebabkan rusak ke flashdisk.

Selain kerusakan flashdisk, melakukan ini juga bisa saja meningkatkan rusaknya soket USB dari computer tersebut.

  1. Menyimpan Di Sembarang Tempat

Menyimpan flashdisk di sembarang tempat juga bisa menyebabkan kerusakan fisik dari flashdisk, seperti di tempat yang lembab, dan di tempat yang terlalu panas karena bisa membuat komponen flashdisk rusak.

  1. Sering Memindahkan Data

Selanjutnya, jangan terlalu sering memindahkan data, baik itu dari flashdisk ke computer dan sebaliknya. Perlu anda ketahui, flashdisk memiliki kemampuan proses tulis dan hapus data dengan kapasitas 10.000 hingga 100.000. Jika proses tulis dan hapus melebihi itu, maka bisa saja flashdisk anda menjadi lebih lambat atau yang lebih parah rusak.

  1. Tidak Scan Virus Di Komputer

Tidak rutin melakukan scan baik itu di computer anda atau di computer orang lain dapat berpotensi merusak flashdisk dengan virus – virus yang masuk, seperti contohnya saja yang paling menyebalkan adalah virus shortcut.

  1. Flashdisk Sering Jatuh dan Terbanting

Hal ini tentu saja sangat mempengaruhi komponen dan fisik dari flashdisk tersebut. Flashdisk memiliki ukuran yang kecil sehingga banyak orang yang tidak sadar dan tidak sengaja menjatuhkannya. Gunakan gantungan atau tali agar flshdisk tetap aman.

  1. Mengedit File Di Flashdisk

Jika anda memiliki file yang akan diedit, baik itu data dokumen atau foto, maka lebih baik jika anda meng copy kan nya terlebih dahulu ke computer, karena hal jika langsung mengedit nya di flashdisk, flashdisk akan bekerja lebihb keras karena mereka terus menerus melakukan proses tulis hapus sehingga membuat flashdisk cepat sekali rusak

Sebenarnya, masih ada banyak kebiasaan – kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan flashdisk mudah rusak. Memang saat ini banyak sekali produk flashdisk yang terbukti awet dengan kapasitas yang besar. Bahkan ada juga flashdisk yang memiliki pengaman seperti penutup socket USB nya sehingga flashdisk lebih aman dari berbagai hal. Namun tentu saja jika kebiasaan – kebiasaan anda buruk tentu saja akan menyebabkan flashdisk yang sangat bagus sekalipun menjadi rusak.