Tips Membeli Kabel USB Dan Cara Merawatnya

March 10, 2020

USB atau Universal Serial Bus merupakan sebuah teknologi untuk menghubungkan antar perangkat seperti scanner smartphone, keyboard, printer, dan lain sebagainya. Namun USB lebih sering dikenal untuk mentransfer data. Cara menggunakan USB adalah dengan memasukkan kabelnya pada port USB.

 

Tips Membeli Kabel USB

Kabel data dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari untuk memcharger hanphone atau mentransfer data. Maka tidak heran banyak yang menjual usb atau kabel data di pasaran. Akan tetapi kabel data merupakan benda yang rentan akan kerusakan. maka sebelum membelinya dibutuhkan ketelitian. Berikut ini adalah tips membeli USB atau kabel data yang bagus dan berkualitas antara lain:

 

Kemasan

Saat membeli suatu barang kemasan adalah hal pertama yang dapat dilihat. Saat membeli kabel data sebaiknya pertimbangkan untuk memperhatikan kemasan seperti keterangan pada kemasan. Perhatikanlah informasi yang berada di kemasan karena jenis usb sendiri terdiri dari dua yaitu hanya untuk charging dan dapat untuk charging dan mentransfer data. Untuk hal ini Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Jangan sampai Anda membutuhkan usb untuk mentransfer data namun membeli USB untuk charger saja.

 

Bahan Kabel

Tips selanjutnya adalah perhatikan bahan kabel. Apabila Anda membutuhkannya untuk waktu yang lebih lama, maka pastikan bahan kabel berkualitas dan tidak mudah sobek, tidak mudah putus, dan anti interference.

 

Fungsional

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya tentang jenis kabel data, namun lebih baik jika Anda membeli kabel data atau USB yang memenuhi kebutuhan charger dan transfer data. Maka pilihlah produk dari merek yang memiliki proses cepat mencharger dan mentransfer data.

 

Kompatibel

Kompatibel maksudnya adala sesuai dengan perangkat yang Anda miliki. Misalnya untuk handphone, maka pilihlah USB yang mempunyai merek yang sama dengan handphone Anda. Hal ini untuk memastikan bahwa USB untuk smartphone dapat digunakan.

 

Cara Merawat Kabel USB

Setelah mempunyai USB, maka agar tidak cepat rusak tentu saja Anda harus menggunakan dan merawatnya dengan baik. Ciri-ciri dari kabel usb yang sudah rusak saat melakukan charging, kabel USB tidak bisa menghantarkan listrik dengan optimal atau sama sekali sehingga baterai tidak terisi.

Kabel USB sendiri sebenarnya adalah benda yang mudah sekali rusak. Namun penyebabnya dapat disebabkan oleh cara pemakaiannya oleh pengguna. Sedangkan kabel USB yang rusak tentu saja tidak bisa digunakan lagi. Berikut ini adalah tips merawat kabel USB agar tidak mudah rusak antara lain:

 

Gunakan Dengan Hati-Hati

Dalam menggunakan benda apapun belajarlah untuk tidak terburu-buru dan gegabah. Misalnya jangan biarkan kabel data atau USB tergeletak begitu saja di lantai dan simpanlah di tempat yang seharusnya.

 

Melepas USB Dengan Benar

Setelah selesai melakukan charging atau mentransfer data maka lepaskanlah kabel USB secara perlahan. Namun jika Anda melepas kabel USB secara langsung justru hal ini dapat merusakan bagian dalam kabel dan menyebabkannya mudah putus. Sedangkan cara yang benar adalah dengan menarik atau mencabut bagian kepala USB terlebih dahulu.

 

Hindari Menggulung

Hindari untuk menekuk, menggulung, bahkan membentuk sudut mati pada kabel. Sebab tembaga yang ada di dalam kabel dapat melengkung dan menghambat aliran listrik yang dihantarkannya.

 

Memakai Pelindung

Pelindung USB sebenarnya sedang populer saat ini. Bukan hanya untuk mempercantik tampilan USB, namun juga dapat melindungi dan merawat kabel data agar tidak mudah gampang putus.