Tips Merawat Powerbank Agar Tahan Lama

March 31, 2020

Hampir setiap hari kita menggunakan smartphone entah itu untuk kepentingan pekerjaan atau sekadar untuk mencari hiburan. Yang pasti banyak di antara kita sudah sangat tergantung dengan ponsel pintar tersebut. Banyak nya aplikasi yang terdapat pada ponsel pintar dan beratnya kinerja ponsel pintar tersebut membuat daya baterainya cepat terkuras habis.

Salah satu cara menanggulangi hal tersebut adalah mengisi ulang daya dengan powerbank. Walau ponsel pintar kini sudah dibekali dengan kapasitas baterai yang super besar, tetap saja powerbank berguna sebagai antisipasi habisnya baterai. Buat kamu yang mimiliki powerbank perhatikan tips perawatan berikut agar powerbank mu dapat bertahan lama.

 

Perhatikan Saat Mengisi Daya Powerbank

Pada powerbank terdapat baterai sebagai penampung daya listrik. Baterai yang biasa digunakan pada powerbank adalah Li-Ion atau Lithium-Ion dan Li-Po atau Lithium Polimer. Setiap baterai umumnya memiliki maksimal siklus hidup isi ulang. Pada powerbank yang menggunakan baterai Li-Ion biasanya dapat diisi ulang sebanyak 500 kali, sedangkan powerbank yang menggunakan baterai Li-Po dapat diisi ulang sebanyak 1000 kali. Oleh karena itu perlu kamu perhatikan jenis baterai apa yang digunakan pada powerbank mu, sehingga kamu dapat menyesuaikan waktu pengisiannya. Jika telah melewati batas maksimum pengisian tersebut, kinerja powerbank akan berkurang dan waktu pengisian daya akan semakin lama. Isilah powerbank saat dayanya betul betul sedikit, dan lakukan pengisian daya hingga penuh.

 

Hindari Pengisian Daya yang Berlebih

Seringkali seseorang lupa mencabut charger saat daya baterai perangkat elektronik sudah terisi penuh, baik itu laptop, ponsel pintar, powerbank dan prangkat lainnya. Jika perangkat tersebut tidak dibekali dengan over charging protection, hal tersebut dapat berdampak buruk pada baterai. Oleh karena itu biasakan untuk tidak mengisi daya baterai saat tidur di malam hari atau waktu lainnya yang membuatmu abai dengan hal tersebut. Kelebihan daya akan mengakibatkan panas yang berlebih pada powerbank kamu. Hal yang paling bahaya adalah jika powerbank tersebut tidak asli dan kualitasnya buruk, maka dapat menyebabkan ledakan pada powerbank tersebut. Oleh karena perhatikan selalu saat mengisi daya powerbank, dan hentikan pengisian jika daya sudah penuh.

 

Jangan Memakai Smartphone Saat Mengisi Daya

Hal buruk yang sering dilakukan banyak orang adalah menggunakan atau memainkan smartphone saat mengisi daya dengan powerbank. Hal tersebut berdampak buruk bagi powerbank dan bagi smartphone tersebut. Karena memaksa smartphone bekerja dua kali lebih keras. Hal ini mengakibatkan arus listrik yang tidak stabil baik pada smarphone dan pada powerbank sendiri. Jika terus dibiarkan hal ini akan berdampak pada usia powerbank dan pada kinerjanya yang menjadi boros dan cepat habis. Bahkan beberapa kasus terjadi ledakan pada powerbank yang berkualitas buruk. Jadi tetap berhati-hati ya.

 

Hindari Daerah Berair Dan Terlalu Panas

Saat menyimpan atau menggunakan powerbank, selalu perhatikan areanya. Jangan gunakan powerbank tersebut pada area yang berair dan area yang suhunya terlalu panas. Powerbank jika terkena air dapat menyebabkan korslet di dalam powerbank. Hal ini akan membuat powerbank rusak atau tidak berfungsi. Selain itu hindari juga area yang terlalu panas, atau di bawah matahari langsung. Saat melakukan pengisian daya, powerbank biasanya panas. Dan jika suhu powerbank panas berlebih dapat mengakibatkan kerusakan pada powerbank tersebut. Oleh karena itu kamu harus memperhatikan area yang membahayakan powerbank tersebut. Itulah beberapa tips untuk merawat powerbank kamu tetap awet dan tahan lama.