Fungsi USB, Apa Saja Ya?

April 7, 2020

Semakin kesini, kehidupan sehari kita semakin tidak bisa lepas dari apa yang disebut dengan kecanggihan teknologi. Dengan teknologi, pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.

Salah satunya adalah komputer atau laptop yang menjadi sarana bagi kita untuk menyelesaikan pekerjaan administratif setiap harinya, baik itu untuk merampungkan tugas pribadi atau lembaga. Komputer dan laptop identik dengan pekerjaan administrasi dan saat ini pun banyak digunakan sebagai media bisnis online

Ya, semenjak ditemukannya dulu, computer atau laptop tidak lepas dari perhatian manusia. Keduanya di rancang dengan susunan komponen yang sempurna, mulai dari layar, keyboard, hingga komponen yang digunakan untuk memindahkan data atau yang biasa kita sebut dengan USB. Singkatnya, USB digunakan untuk memindahkan data dari perangkat satu ke yang lainnya dengan lebih mudah. Lebih lengkap lagi mengenai apa itu USB, berikut ulasannya!

 

Apa itu USB? 

USB adalah kepanjangan dari Universal Serial Bus. Ini adalah komponen penghubung yang berperan untuk menghubungkan perangkat komputer dengan perangkat yang lain yang digunakan. Perangkat lain tersebut bisa berupa scanner, keyboard, mouse, kamera digital, zip drive, printer dan masih banyak lagi. Setiap perangkat laptop atau komputer, pastinya sudah dilengkapi dengan USB baik itu yang hanya satu port atau lebih. Bagian inilah yang lantas bisa kita gunakan untuk menghubungkan antara perangkat satu dan yang lain.

 

Fungsi USB

Pada dasarnya, fungsi USB sangat banyak, namun diantara sekian banyak fungsi yang dimilikinya, USB memiliki fungsi utama yaitu sebagai penghubung antara perangkat laptop atau komputer dengan perangkat yang lain seperti yang tersebut di atas. Biasanya, kedua perangkat tersebut dihubungkan untuk meng-transfer data dari laptop ke perangkat lain atau sebaliknya. Selain fungsi tersebut, ada beberapa fungsi lain yang semestinya kamu tau, diantaranya adalah:

  1. USB digunakan untuk menginstal sistem operasi, khususnya bagi perangkat laptop yang tidak terdapat CD ROM eksternal. Nantinya, agar bisa terhubung, diperlukan USB yang membantu menginstal sistem operasi windows agar perangkat bisa segera dimanfaatkan.
  2. Fungsi USB selanjutnya adalah sebagai penghubung antara keyboard dengan perangkat komputer atau laptop Anda. Seperti yang kita tau, tidak semua komputer atau laptop dilengkapi dengan keyboard yang berfungsi dengan optimal. Anda bisa menghubungkan keyboard eksternal dengan perangkat komputer melalui USB.
  3. Anda tentu familiar dengan flash disk, atau juga memori eksternal yang digunakan untuk menyimpan data. Kedua perangkat eksternal yang berfungsi untuk penyimpanan itu bisa Anda hubungkan dengan melalui slot USB. Selain perangkat penyimpanan eksternal, ada pula perangkat seperti mouse, maupun layar komputer yang dengan bantuan USB akan terhubung dengan baik satu dengan yang lain.
  4. USB adalah perangkat yang cocok dan praktis untuk memindahkan data dengan lebih cepat dan lebih efektif. Memang, untuk pemindahan data ada cukup banyak cara yang bisa dilakukan, diantaranya adalah dengan menggunakan Bluetooth dan jaringan komputer, namun dengan bantuan USB hasil pemindahan lebih cepat dan lebih praktis.

 

Universal serial bus atau yang biasa kita sebut dengan USB adalah komponen yang menjadi bagian dari komputer atau laptop yang berfungsi sebagai penghubung antara perangkat laptop dan komputer dengan perangkat eksternal yang lain. Fungsi USB pada intinya adalah sebagai konektor. Semakin banyak slot USB-nya, semakin banyak pula perangkat eksternal yang bisa tersambung ke perangkat laptop atau komputer Anda sehingga lebih praktis.