Ini Dia 5 Tips Memilih Powerbank Yang Baik

April 29, 2020

Gadget saat ini menjadi perangkat elektronik yang tidak terpisah dari kehidupan kita sehari-hari. Dengan gadget, banyak sekali hal yang bisa kita lakukan, diantaranya adalah untuk komunikasi, bisnis, hiburan dan masih banyak lagi.

Terkadang, saat sedang bepergian dan berada di luar dalam jangka waktu yang lama, sering kali baterai hp habis sehingga tidak memungkinkan kita untuk berinteraksi via gadget. Solusinya adalah dengan menggunakan powerbank. Agar tidak salah dalam memilih powerbank terbaik, dan powerbank pun tetap awet,  berikut tips memilih powerbank berkualitas dan tahan lama.

 

Pertimbangkan Merk

Membeli barang branded bukan berarti “gengsi” atau boros ya Guys. Membeli barang branded berarti Anda membeli produk dengan kualitas yang baik. Produk dengan kualitas yang baik secara harga memang cukup mahal namun secara kualitas sudah tidak diragukan lagi. Merk yang bagus biasanya memasarkan produk melalui prosedur dan standar yang bagus sebelum mendistribusikannya secara luas.

Saat ini cukup banyak pihak yang tidak bertanggung jawab yang memalsukan produk powerbank dengan menggunakan nama merk tertentu. Untuk mendeteksinya cukup mudah. Terlebih dahulu cek harga yang ditawarkan, jika tidak sewajarnya, atau tidak sesuai dengan pasaran harga power bank dari merk tersebut, Anda patut beralih ke powerbank yang lain yang original.

 

Cek Baterainya

Powerbank dengan kualitas yang bagus salah satunya ditandai dengan penggunaan baterai

Li-Polymer. Umumnya, powerbank yang dijual di pasaran menggunakan jenis baterai Lithium Ion atau yang biasa disebut Li-ion. Dibandingkan dengan jenis baterai Li-Polymer, baterai Li-Ion lebih cepat panas, tidak stabil, dan mudah meledak. Agar lebih aman, pilih jenis baterai Li-Polymer yang dirasa lebih aman, dan tidak mudah alami masalah seperti kebocoran elektrolit. Jenis baterai Li-Polymer jauh lebih awet dan aman.

 

Pertimbangkan Kapasitas Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Masing-Masing

Tips membeli powerbank yang baik salah satunya adalah dengan mempertimbangkan kapasitas baterainya. Kapasitas baterai yang direkomendasikan adalah dua kali lebih banyak dibandingkan dengan kapasitas baterai smartphone Anda. Kenapa demikian? karena daya daya powerbank yang di transfer ke smartphone hanya sekitar 70-80 persen saja dari total daya powerbank seluruhnya. Sisa daya powerbank bisa digunakan sebagai cadangan.

 

Ketahui Arus Daya Power Bank Dan Samakan Dengan Arus Daya Handphone

Barang elektronik satu dan yang lain tidak semuanya memiliki arus daya yang arahnya sama. Cobalah untuk memilih power bank yang memang arusnya searah untuk menghindari kerusakan baterai. Kaitannya dengan fitur fast charging yang dimiliki oleh berbagai jenis smartphone saat ini, arus yang dikeluarkan adalah sebesar 2 ampere. Untuk itu, dapatkan powerbank yang menyediakan output 2A agar baterai dan smartphone tetap dalam kondisi baik. Praktisnya, yuk pilih power bank dengan jenis arus dua arah atau lebih.

 

Cek Keberadaan Sertifikat CE atau FCC

Beberapa sertifikat yang  menandai keaslian dan kualitas powerbank adalah Sertifikasi CE yang merupakan European Standard, dan Sertifikat FCC yang merupakan jaminan atas kualitas dari sebuah produk elektronik. Cek terlebih dahulu keberadaan dari kedua sertifikat tersebut. Bahayanya membeli powerbank yang tidak bersertifikat adalah memberikan dampak buruk bagi handphone dan keawetan baterainya.

Salah satu cara mengatasi baterai handphone yang sekarat saat sedang bepergian atau tidak tersedianya sumber listrik adalah dengan menggunakan power bank. Saat ini, banyak sekali power bank yang dijual di pasaran. Agar kebutuhan baterai hape terpenuhi, dan baterai tetap dalam kondisi bagus, pilih powerbank dengan kualitas yang bagus dengan cara di atas.