Tips Menjaga Powerbank Agar Awet

May 12, 2020

Ketika anda memiliki power bank tujuannya pasti digunakan untuk sumber daya cadangan untuk ponsel anda bukan?

Untuk anda yang ingin menggunakan powerbank, pastikan anda tahu terlebih dahulu cara penggunaan powerbank yang tepat untuk dilakukan agar powerbank yang anda miliki tidak mudah rusak. lalu apa saja yang perlu diperhatikan saat menggunakan powerbank agar terus awet? Berikut ini adalah ulasannya.

 

Pastikan Memilih Powerbank Yang Tepat

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika anda akan menggunakan powerbank adalah dengan memilih powerbank yang tepat sejak awal. Powerbank yang tepat memiliki banyak kriteria. Pertama adalah berasal dari brand yang sudah terkenal, asli, memiliki sertifikat, memiliki arus keluaran yang tepat, memiliki kapasitas yang tepat untuk ponsel anda dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain itu, pastikan anda membeli powerbank yang memiliki bahan utama Li Po atau Lithium Polymer dibandingkan dengan Li Ion atau Lithium Ion. Li Po akan membuat power bank anda bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama dan juga lebih awet.

 

Charge Seperlunya

Sebagai daya cadangan untuk ponsel anda, anda pasti berpikir bahwa powerbank harus selalu terisi penuh bukan? hal ini menyebabkan banyak orang mengisi kembaLi powerbank mereka walau powerbank baru berkurang sedikit. Hal ini merupakan hal yang salah dalam penggunaan powerbank. Jika hal ini dilakukan terus menerus, maka baterai powerbank anda akan rusak dan menyebabkan ia tidak bisa menyimpan daya sesuai dengan kapasitasnya.

Perlu anda ketahui, setiap powerbank memiliki daya hidup masing-masing. biasanya powerbank dengan bahan dasar Li Ion memiliki siklus hidup 500 kali isi ulang sedangkan untuk Li Po memiliki siklus hidup 1000 kali isi ulang.

Semakin sering anda mengisi ulang baterai dari powerbank, maka semakin cepat ia rusak. oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan powerbank sesuai dengan kebutuhan saja, tidak perlu selalu terisi penuh tapi gunakan sesuai dengan kebutuhan sebagai daya cadangan darurat.

 

Charge Dalam Waktu Yang Tepat 

Ketika anda memiliki powerbank pertama kali, pastikan anda mengisi daya mereka di siang hari ketika anda bisa melakukan pengawasan. Hal ini digunakan untuk memastikan seberapa lama powerbank anda memerlukan waktu untuk mengisi daya. Setelah anda mengetahuinya pastikan anda melakukan pengisian daya dengan waktu sesuai dengan yang sudah anda ketahui sebelumnya.

Mengisi daya sesuai dengan waktu pengisian daya yang tepat akan membantu powerbank anda untuk bisa hidup dalam waktu yang lebih lama. Hal ini disebabkan karena mengisi daya dalam waktu yang terlalu lama akan menyebabkan powerbank mengalami over charging yang berbahaya.

Pengisian daya yang terlalu lama ini jika dilakukan terus menerus akan menyebabkan baterai powerbank anda menjadi lebih cepat rusak. jika anda memang tidak memiliki ketelitian seperti ini, maka disarankan untuk membeli powerbank yang memiliki proteksi terhadap kebiasaan over charging ini.

 

Biarkan Powerbank Mengisi Ponsel Anda Dengan Tenang

Banyak orang mengisi daya ponsel dengan powerbank selagi menggunakannya. Hal ini merupakan hal yang buruk untuk dilakukan. penggunaan ponsel saat pengisian membuat daya atau arus listrik dari ponsel anda menjadi tidak stabil hal ini adalah salah satu hal yang membuat powerbank dan ponsel anda menjadi lebih cepat rusak.