Hindari Kesalahan Saat Memilih Power Bank Berikut Jika Ingin Selamat!

May 28, 2020

Power bank adalah salah satu perangkat yang sangat populer sebagai perangkat untuk mengisi daya untuk ponsel anda. pengisian yang inilah yang membuat pemilihan power bank harus dilakukan dengan lebih hati-hati.

Salah-salah power bank yang anda pilih tidak tepat untuk ponsel anda dan menyebabkan ponsel meledak. Hal ini merupakan hal yang sangat umum terjadi dan sangat berbahaya bukan? oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari kesalahan saat memilih power bank. Beberapa kesalahan yang wajib dihindari ketika memilih power bank antara lain adalah :

 

Hanya melihat kapasitas 

Salah satu kesalahan yang sangat umum dilakukan oleh orang yang akan membeli power bank adalah melihat kapasitas saja saat akan membeli power bank. Membeli power bank dengan kapasitas yang besar memang merupakan impian dari semua orang, pasalnya power bank dengan kapasitas besar artinya bisa menyimpan daya yang lebih besar dan dapat digunakan dengan lebih lama. Apalagi jika ponsel yang anda miliki memang memiliki baterai yang besar. pasti anda ingin power bank anda bisa digunakan untuk mengisi daya anda hingga penuh bukan? sayangnya hal ini adalah hal yang tidak boleh dilakukan.

Ketika anda memilih power bank pastikan power bank yang anda pilih tidak hanya memiliki kapasitas yang besar tapi juga memiliki kriteria yang tepat untuk ponsel anda. Kriteria mengenai power bank yang tepat untuk digunakan bisa dilihat dari artikel yang sudah kami bahas sebelumnya.

 

Hanya melihat harga 

Selain kapasitas, banyak orang yang membeli power bank hanya dengan melihat harga yang dimilikinya. Saat ini ada banyak power bank yang memiliki harga yang murah dan ada juga yang memiliki harga yang mahal. Karena ingin hemat banyak yang memilih dengan harga yang murah tanpa tahu akibat yang mungkin didapatkannya di masa depan.

Power bank pada umumnya dibuat dengan menggunakan 2 bahan yaitu Lithium Ion atau Li Ion dan Lithium Polymer atau Li Po . Power bank yang menggunakan bahan Li Po merupakan power bank yang memiliki harga yang murah, sayangnya power bank ini bukan merupakan power bank yang berkualitas karena ia memiliki kekurangan dari segi kestabilan dari daya listriknya. Ia lebih sering mengalami kebocoran sehingga lebih berbahaya.

Bea dengan power bank yang dibuat dengan menggunakan bahan Li Po . Bahan Li Po adalah bahan yang memang harganya lebih mahal tapi ia memiliki daya yang lebih stabil sehingga lebih aman. Siklus pengisian daya yang dimilikinya juga lebih banyak 2 kali lipat sehingga power bank dari bahan Li Po pasti akan lebih tahan lama dibandingkan dengan power bank dengan bahan Li Ion.

 

Tidak memperhatikan sertifikasi 

Selain mengenai fungsionalitas dan juga spesifikasi, ada hal lain yang perlu anda perhatikan ketika membeli power bank yaitu mengenai sertifikasi yang dimilikinya. Banyak orang yang memilih power bank dengan memperhatikan harga dan kapasitas seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. akan tetapi tidak sedikit juga yang memperhatikan spesifikasi dari power bank juga.

Sayangnya memperhatikan spesifikasi dari power bank tidak cukup untuk membuat power bank anda bisa digunakan dengan awet. Selain spesifikasi, pastikan juga power bank yang anda beli merupakan power bank yang sudah mendapatkan sertifikasi secara internasional. Sertifikasi yang penting untuk diperhatikan ketika akan membuat power bank adalah sertifikasi CE dan FCC.