Kesalahan Umum Saat Menggunakan Powerbank

June 11, 2020

Perangkat elektronik memiliki masa hidup tertentu atau sudah diprediksi. Akan tetapi meski memiliki masa hidup yang sudah diperkirakan ada banyak hal yang membuat perangkat elektronik anda bisa rusak lebih cepat.

Salah satunya adalah mengenai cara penggunaannya. Sebagai barang elektronik, powerbank juga bisa lebih mudah rusak hanya karena anda menggunakannya dengan cara yang salah. Berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam penggunaan powerbank yang mungkin membuatnya dapat rusak lebih cepat. apa saja? berikut ini dalam ulasannya.
 
Pengisian daya dengan powerbank saat digunakan
Baik menggunakan powerbank maupun menggunakan charger, mengisi daya sambil menggunakan ponsel memiliki sifat merusak. Pada kasus penggunaan powerbank saat digunakan, yang rusak tidak hanya baterai ponsel anda tapi juga powerbank yang akan anda gunakan.
Penggunaan ponsel sembari melakukan pengisian daya membuat arus listrik yang dimiliki powerbank menjadi tidak stabil. hal inilah yang akan membuat powerbank anda menjadi lekas rusak. Untuk menjaga powerbank anda dapat bertahan lebih lama, maka pastikan anda melakukan pengisian daya saat ponsel anda tidak digunakan. Tidak wajib untuk mematikan tapi paling tidak jangan menggunakannya untuk kegiatan yang membutuhkan konsumsi daya yang tinggi seperti membuka sosial media atau bermain game.
Melakukan pengisian daya terlalu sering
Baterai dari powerbank dibuat dengan menggunakan bahan yang memiliki span waktu hidup. Untuk bahan Li Ion memiliki waktu hidup maksimal 500 kali pengisian daya sedangkan Li Po memiliki waktu hidup maksimal 1000 kali pengisian daya. Ketika baterai dari powerbank diisi terus menerus, maka semakin cepat mereka akan mencapai waktu hidup maksimal mereka. Hal inilah yang membuat baterai powerbank anda menjadi cepat rusak.
Untuk menghindari pengisian daya terlalu sering, pastikan anda menggunakan powerbank bukan sebagai tenaga cadangan tapi daya darurat untuk ponsel anda. Artinya anda hanya akan menggunakannya di saat yang benar-benar genting dimana anda tidak bisa menemukan listrik untuk melakukan charging ponsel anda saat waktu darurat.
Menyimpan di tempat panas 
Kesalahan lain yang banyak dilakukan ketika memiliki powerbank adalah menyimpan power bank di tempat yang memiliki suhu yang tinggi. Power bank merupakan sumber daya yang digunakan untuk mengisi daya bagi perangkat lainnya. Pengisian daya dengan menggunakan perangkat lain ini akan membuat komponen dari powerbank beroperasi dan menjadi panas. Ketika powerbank digunakan pada tempat yang memiliki suhu yang tinggi, maka suhunya akan makin naik lagi. Hal inilah yang akan menyebabkan penggunaan powerbank menjadi berbahaya. Suhu power bank yang terlalu panas bisa menyebabkan ia meledak.
Tidak menggunakan power bank sama sekali 
Penggunaan powerbank secara berlebihan bisa menyebabkan powerbank perlu diisi ulang secara terus menerus yang pada akhirnya membuat powerbank menjadi lebih cepat rusak. Akan tetapi bukan berarti anda tidak boleh menggunakannya sama sekali. menyimpan powerbank dalam waktu lama dan tidak menggunakannya sama sekali juga bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan powerbank. Hal ini disebabkan karena powerbank merupakan alat yang masuk dalam kategori alat elektronik sehingga memang ia perlu digunakan dalam keadaan yang wajar.
Demikian artikel mengenai beberapa kesalahan yang banyak dilakukan saat menggunakan powerbank semoga dapat membantu anda untuk mempertahankan powerbank anda agar bisa digunakan dengan lebih mudah dan lebih tahan lama sesuai garansinya.