Kiprah USB Dalam Perkembangan Teknologi

July 15, 2020

USB atau Universal Serial Bus merupakan sebuah teknologi yang berfungsi menghubungkan beberapa perangkat agar saling terhubung dan dapat saling terakses.

Kehadirannya bertujuan untuk menghilangkan adanya perangkat tambahan sehingga menjadi lebih sederhana dalam pemasangannya.

 

Sejarah Panjang dan kemunculan USB 4.0 

 

Di zaman yang begitu pesat akan teknologi tentu peran serta serial bus sangat mendukung aktifitas kita dalam mengoperasikan perangkat teknologi utama PC atau Personal Computer, Laptop, bahkan Smartphone. Terdapat beberapa versi USB dari awal kemunculannya hingga saat ini, diantaranya:

 

  1. Pre-Rilis.

Perangkat yang dibuat sebelum peluncuran resmi atau versi pendahulu dari USB yang diluncurkan ke publik. USB ini muncul atau ada pada tahun 1994 dengan seri 0.7, kemudian disusul 0.8. Pada tahun 1995 USB 0.9, 9.99, dan 1.0 (kandidat peluncuran) hadir.

 

  1. Versi 1

Yang diluncurkan secara resmi ke publik pada tahun 1996.

 

  1. Versi 2

Perangkat ini diluncurkan pada tahun 2000, dengan kecepatan transfer data lebih cepat dibanding serial sebelumnya. Memiliki kecepatan transfer data maksimal 480 Mbps (Mega Byte per Second). Karena kecepatannya semua perangkat teknologi baik PC, Laptop, dan Flashdisk memasang port versi 2 untuk mendukung aktifitas transfer data.

 

  1. Versi 3

Versi serial termuda yang kehadirannya untuk mengungguli versi 2 ini dirilis pada november 2008. Serial ini mengusung metode full duplex, dimana saat melakukan transfer data pengguna dapat melakukan pengiriman serta proses menerima secara bersama-sama dengan kecepatan transfer maksimal 4.8 Gbps (Giga Byte per Second). Kontras dengan serial versi 2 hanya mampu menerapkan metode half duplex dimana saat proses transfer data pengiriman dan menerima tidak bisa dilakukan bersamaan. Kecepatan transfer versi 3 juga didukung oleh jumlah kabel yang terbilang banyak yaitu 9 di setiap port yang mana sangat berbeda jauh dengan versi dua yang hanya menggunakan 4 kabel di setiap port. Namun sangat disayangkan masih jarang orang yang tau mengenai eksistensi versi 3 dengan ciri khas port berwarna birunya.

 

  1. Versi 4

Pasti dari kita sedikit bertanya-tanya atau tidak mengetahui sama sekali si pendatang baru yang keberadaannya akan muncul di tahun 2020 ini. USB Implementers Forum atau yang biasa disebut USB-IF, selaku pengembang dari konektor serial bus dan perancang serial versi 4 yang beranggotakan pimpinan perusahaan teknologi seperti Intel, Microsoft, Compaq, LSI, Apple, dan Hewlett Packard menyebutkan bahwa versi 4 digadang-gadang menjadi serial transfer data tercepat, dimana memiliki maksimal kecepatan mencapai 40 Gpbs mengalahkan pendahulunya dengan mengusung protokol Thunderbolt 3 yang diakses dari teknologi Thunderbolt milik Intel. Penasaran bukan seperti apa penampakannya mari kita tunggu si cepat pendatang baru ini.

 

Jenis Serial Bus yang sering dijumpai

Serial Bus telah diaplikasikan ke begitu banyak perangkat teknologi bahkan untuk teknologi charging atau pengisian daya pada ponsel. Namun dari kita pasti masing asing denga nama-nama disetiap tipe kabel serial yang sering kita jumpai atau kita gunakan, ini dia beberapa jenisnya.

  1. Type-A, serial penghubung yang paling umum digunakan utamanya pada device eksternal seperti mouse, keyboard, dan juga pada flasdisk. Serial tipe ini bisa dihubungkan disemua versi serial.
  2. Type-B, serial ini difungsikan untuk menghubungkan perangkat seperti printer atau scanner.
  3. Mini USB, bentuknya lebih kecil dibanding serial type-a, biasa digunakan pada pengisian daya untuk ponsel tertentu dan juga transfer data dari Kamera DSLR atau kamera studio.
  4. Micro Type A, jenis ini banyak digunakan khususnya dalam pengisian daya ponsel serta sebagai transfer data dari ponsel ke laptop atau komputer dan sebaliknya.
  5. Micro type B, dijumpai dalam perangkat ponsel atau kamera digital.
  6. Lightning, yang khusus digunakan pada perangkat iPhone atau iPad.
  7. OTG (On The Go), perangkat USB yang berfungsi untuk membaca atau memindahkan data yang langsung dihubungkan pada smartphone.