Tips Menjaga Dan Merawat Powerbank Dengan Mudah Dan Aman

July 24, 2020

Powerbank mempunyai fungsi yang sangat praktis untuk mencharging atau mengisi ulang daya smartphone Anda.

Dimana pun dan kapan pun Anda dapat menggunakan Powerbank tanpa harus mencolokkannya ke sumber arus listrik. Maka tidak heran jika powerbank sangat semakin dibutuhkan apalagi bagi orang-orang yang mempunyai aktivitas tinggi.

Powerbank merupakan alat elektronik kecil yang mudah untuk dibawa. Namun juga dapat mudah rusak sewaktu-waktu jika digunakan dengan tidak harti-hati. Powerbank juga dapat mudah rusak dalam waktu yang singkat karena tidak digunakan dan dirawat dengan baik.

Menjaga powerbank agar awet dalam jangka waktu yang lama sebenarnya adalah hal yang mudah dilakukan. Berikut ini adalah tips menjaga dan merawat power bank dengan mudah dan aman antara lain:

 

  1. Hindari Terlalu Sering Mengisi Ulang

Tips yang pertama adalah hindari untuk mengisi daya ulang powerbank terlalu secara sering. Karena sebenarnya power bank juga mempunyai siklus isi ulang. Dimana jika siklus tersebut habis, maka kapasitas pengisian daya juga akan menjadi mudah habis. Hal ini akan berdampak pada proses mencharging smartphone dengan power bank berlangsung lama.

 

  1. Isi Ulang Daya Saat Mulai Low

Tips yang kedua ini sejalan dengan tips yang pertama yaitu sebaiknya mengisi ulang daya powerbank saat mulai low atau lemah saja. Namun sebaiknya juga hindari mengisi ulang daya powerbank atau membiarkannya hingga mati total. Hal tersebut tentu saja akan membuat proses isi ulang daya menjadi lebih lama dan menjadi cepat rusak.

 

  1. Hindari Mengisi Daya Secara Berlebihan

Tidak jarang banyak pengguna yang kelewat waktu saat mengisi ulang powerbank. Padahal hal tersebut dapat menyebabkan daya yang berlebihan atau overcharging. Dengan begitu baterai power bank menjadi mudah rusak. Untuk itu Anda harus selalu memperhatikan indikator LED yang ditampilkan power bank.

 

  1. Hindari Benturan

Tips selanjutnya adalah hindari terjadinya benturan. Jagalah powerbank agar tidak terbentur benda keras apalagi sampai terjatuh. Hal ini dapat membuat komponen baterai atau output lainnya menjadi kendor.

 

  1. Hindari Dari Tempat Yang Panas Dan Tertutup

Saat sedang mencharging smartphone menggunakan powerbank, hindari untuk meletakkannya di tempat yang tertutup dan panas. Sebab powerbank memiliki permukaan yang dapat mengeluarkan panas ketika digunakan. Maka saat berada di tempat yang tertutup dan panas, power bank akan sulit mendapatkan sirkulasi udara.

 

  1. Jauhkan Dari Benda Elektronik Lain

Hindari untuk meletakkan power bank berdekatan dengan alat atau benda elektronik yang lain. Sebab hal tersebut dapat menyebabkan medan magnet dapat bertabrakan. Misalnya apabila powerbank berada atau diletakkan berdekatan dengan TV atau kulkas, maka keduanya akan menghasilkan gelombang magnet yang bertabrakan. Hal tersebut tentu saja dapat menyebabkan keduanya menjadi rusak jika secara terus-menerus terjadi dalam waktu yang lama. Kerusakan yang ditimbulkan oleh power bank adalah kinerja power bank yang menurun.

 

  1. Gunakan Dengan Bijak

Powerbank yang semakin sering digunakan tentu saja membuat kinerjanya juga semakin menurun. Maka menggunakan power bank secara bijak adalah kunci untuk menjaganya tetap baik dan tidak mudah rusak. Gunakanlah powerbank untuk mencharging smarthpne Anda saat berada di luar ruangan atau tempat yang tidak terdapat soket atau colokan listrik.

 

Itulah tips yang dibutuhkan untuk menjaga dan merawat powerbank secara mudah dan aman agar tidak cepat rusak.