Informasi Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai USB

July 30, 2020

USB atau Universal Serial Bus merupakan bagian penting ketika Anda membeli sebuah handphone. Benda ini merupakan kabel penghubung antara komputer atau ponsel dengan media lainnya seperti mouse, keyboard, printer, kamera dan lainnya.

USB    ini juga bisa Anda    gunakan sebagai kabel pengisi daya atau charger bagi handphone dan lainnya. Teknologi USB mulai ada dan dikembangkan sejak tahun 1990. Teknologi ini mulai dikembangkan oleh 7 perusahaan Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Nortel. Tujuan pembuatan benda ini adalah sebagai media penghubung yang tentunya akan memudahkan penggunanya karena memiliki standar penghubung yang baik.

Versi pertama USB diperkenalkan pada Januari 1996, yaitu USB versi 1.0 yang memiliki kecepatan transfer 1,5 Mbit/s. USB pun juga mengalami pembaharuan dengan versi yang semakin baik dan tentunya dengan kecepatan pengiriman data yang semakin cepat. USB versi 1.1 (Agustus, 1998) dengan kecepatan 12 Mbit/s, versi 2.0 (April, 2000) kecepatan transfer 480 Mbit/s, versi 3.0 (November, 2008) dengan kecepatan transfer 5 Gbit/s, USB 3.1 (Juli 2013) dengan kecepatan transfer 10 Gbit/s, dan versi 3.2 (September, 2017) dengan kecepatan transfer data 20 Gbit/s.

Setelah mengetahui versi dari USB, Anda harus mengetahui mengenai cara atau model    transfer data dari USB. Cara atau model transfer ini meliputi Control Transfer, Bulk Transfer, Interrupt Transfer, Isochronous Transfer.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui mengenai informasi yang dikirim atau transaksi pada USB. Anda akan menemukan tiga paket data yang dikirimkan melalui USB. Paket data itu meliputi Token Packet (paket yang dikirim oleh Host), Data Packet (paket yang dikirim oleh Host dan perangkat), dan Handshake Packet (informasi sukses atau tidaknya penerimaan paket data).

Jenis konektor USB yang terbagi menjadi USB tipe A, USB tipe B, USB Mini, USB Micro, dan USB tipe C ini tentu saja memiliki keuntungan. Inilah keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan USB.

 

Mudah digunakan 

USB tentu saja memiliki kemampuan untuk mengecek data secara otomatis. Anda tentu juga bisa mendapatkannya dengan mudah dan harga yang terjangkau. Setiap pembelian handphone, powerbank     atau laptop Anda pasti akan langsung mendapatkan sebuah USB.

 

Kecepatan terbaik 

Kecepatan pengiriman data pada USB tentunya sangat baik. Kecepatan pengiriman data terendah saat ini pun telah mencapai 20 Mbit/s.

 

Reliability yang tinggi 

Konektor pada USB dapat mendeteksi adanya kesalahan dalam pengiriman data, dan tentunya memberi  informasi agar dapat mengirim ulang data.

 

Hemat biaya 

Karena banyaknya penggunaan USB, maka produsen akan membuat kabel USB dalam jumlah besar yang tentunya bisa menekan biaya produksi. Hal itu menyebabkan harga kabel USB menjadi murah di pasaran.

 

Daya yang kecil 

Kabel USB lebih banyak memiliki tegangan 5V dengan arus listrik beberapa miliampere.

Bagaimana, sudahkah Anda mengetahui informasi mengenai USB? Meskipun memiliki harga yang murah dan terjangkau, namun Anda tetap harus menjaga dan merawat kabel USB yang Anda miliki agar tidak mudah rusak.