Powerbank Si Kecil Penyelamat Perjalananmu

September 4, 2020

Powerbank atau bank daya merupakan perangkat teknologi portable atau bisa dibawa kemanapun dan digunakan khususnya untuk para travellers

atau bagi anda yang jauh dari akses sumber daya listrik untuk pengisian daya baterai smartphone atau ponsel atau Tablet dan bank daya ini bisa diisi ulang jika dayanya sudah habis. Dalam penggunaan bank daya kita perlu menggunakan micro USB type A sebagai penghubung antara ponsel dengan bank daya.

Hal yang Perlu diperhatikan Dalam pembelian Bank Daya

Bagi anda yang menginginkan untuk membeli powerbank atau bank daya sebagai penunjang aktifitas anda, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar tidak salah dalam pembelian, apa saja itu?

  • Kapasitas Powerbank, ini merupakan poin yang perlu diperhatikan mengingat kapasitor bank daya berdampak pada kapasitas daya yang dibutuhkan oleh ponsel pada saat pengisian. Jangan sampai anda membeli bank daya yang kapasitasnya lebih kecil dibanding kapasitas daya ponsel, misal ponsel anda berkapasitas 4000 mAh cari bank daya yang memiliki kapasitas 5000-10.000 mAh.
  • Fitur keamanan, pastikan powerbank yang anda beli memiliki kualitas keamanan yang baik dan tidak abal-abal yang berdampak pada kerusakan ponsel khususnya baterai atau bahkan menimbulkan kerusakan pada bank daya itu sendiri seperti arus pendek yang dapat menimbulkan kebakaran atau ledakan secara tiba-tiba.
  • Bobot, pasti kebanyakan dari kita menginginkan powerbank yang memiliki bobot ringan dengan kapasitas besar. Normalnya sebuah bank daya akan semakin berat jika kapasitas dayanya besar karena berisi beberapa baterai untuk menyediakan energi yang besar dalam menunjang pengisian daya bagi ponsel.
  • Garansi, poin yang sering dikesampingkan banyak calon pembeli. Garansi ini berguna sebagai klaim jika sewaktu-waktu dalam penggunaan bank daya dan terjadi kerusakan atau cacat produk kita nanti bisa dapat ganti. Masalah garansi pilih garansi dengan waktu 6 bulan sampai satu tahun, semakin lama garansi biasanya semakin bagus kualitas produk.
  • Terakhir dan tak kalah penting yaitu harga. Banyak dari kita hanya mementingkan harga dibanding kualitas barang,tapi perlu dipahami bahwa barang yang bagus pasti memiliki harga yang relatif lebih tinggi, walaupun tak semua bank daya yang murah memiliki kualitas yang murahan. Tidak masalah mengeluarkan uang banyak daripada akhirnya malah merusak keduanya baik bank daya atau ponselnya.

Perawatan untuk bank daya

Pengguna bank daya, pasti anda jarang sekali atau bahkan tidak pernah memberikan perawatan atau memperhatikan perangkat anda. Mulai dari yang menaruhnya sembarangan dan parahnya mengisi ulang daya jika hanya bank daya sudah benar-benar mati, padahal itu kesalahan fatal yang bisa merusak bank daya anda secara perlahan.

Perlu kalian ketahui bank daya memakai dua jenis baterai yaitu Li-ion dan Li-po, dan jenis baterai Lithium disarankan diisi ulang dalam keadaan baterai berdaya 5-10% kemudian charge atau isi sampai penuh. Jika anda ingin menyimpan atau tak menggunakan bank daya dalam jangka waktu  cukup lama pastikan perangkat terisi daya 40-60%. Jaga baik-baik agar tidak jatuh dan terbentur benda keras utamanya bank daya berkapasitas besar, jika perangkat jatuh dan rusak selanjutnya anda perlu melindunginya menggunakan sesuatu yang membal atau empuk.

Dan terakhir yang perlu pengguna powerbank perhatikan, jangan terlalu sering melakukan pengisian daya ponsel menggunakan bank daya jika tak ingin baterai ponsel menggelembung yang efeknya nanti dapat mengurangi daya pada baterai, awalnya ponsel bisa tahan 12 jam karena terlalu sering di charge dengan bank daya berkurang menjadi 9 jam atau bahkan lebih parah. Jadi usahakan sebisa mungkin jika masih bisa menjangkau sumber listrik charge ponsel langsung dengan daya listrik, hal ini bertujuan untuk memperpanjang masa baterai ponsel kalian.