USB dan Pengertian, Jenis, Serta Fungsinya

October 9, 2020

Kamu pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata USB. Yap, meski bukan orang yang akrab dengan dunia teknologi dan komputer, USB sudah banyak dikenali karena fungsinya yang banyak.

Benda yang biasanya digunakan untuk menyambungkan komputer dengan perangkat elektronik lain ini memiliki kepanjangan yaitu Universal Serial Bus. Benda kecil ini pun banyak dan bahkan sering digunakan oleh para pelajar, mahasiswa maupun karyawan kantor di era jaman digital sekarang ini untuk mengirimkan sebuah data dari satu perangkat ke perangkat lain.

Pengertian dari USB sendiri adalah sebuah teknologi yang memungkinkan untuk menyambungkan atau menghubungkan alat eksternal seperti mouse, printer, scanner, alat penyimpan data, keyboard, flash disk, smartphone, kamera digital dan perangkat elektronik lain ke komputer. Nah, dari pengertian di atas pasti sudah diketahui bukan jika fungsi USB yang paling banyak diketahui adalah untuk menghubungkan beberapa perangkat. Salah satu perangkat dalam teknologi ini pun memiliki beberapa jenis. Mau tahu apa saja jenis-nya? Baca yuk di bawah ini!

Jenis-Jenis dari USB 

  1. Standar Tipe-A

Tipe ini adalah yang paling banyak dan sering digunakan. itulah mengapa tipe yang ini mudah untuk ditemukan dimana pun. Bentuknya persegi dan cukup lebar. Tipe ini bisa digunakan di berbagai macam atau jenis port USB seperti laptop, playstation bahkan TV dan DVD. Biasanya juga digunakan untuk menyambungkan atau menghubungkan keyboard serta mouse ke komputer atau juga untuk alat transfer data dari ponsel pintar.

  1. Standar Tipe-B

Tipe ini termasuk jenis yang jarang digunakan atau tidak telalu umum di masyarakat. Hal itu karena biasanya USB tipe ini digunakan untuk menyambungkan perangkat tambahan seperti scanner atau printer ke komputer maupun laptop. Bentuk dari tipe ini pun hampir sama dengan tipe-A, namun lebih lebar dari yang sebelumnya.

  1. Mini USB

Biasanya tipe yang ini digunakan pada mobile device seperti ponsel pintar. Selain itu juga bisa digunakan untuk kamera digital sebagai konektor dan juga MP3 player. Di ponsel pintar sendiri, mini USB bisa berfungsi sebagai alat yang membantu untuk mengisi daya baterai.

  1. Micro USB Tipe-A

Saat ini, tipe yang satu ini merupakan yang paling banyak digunakan oleh orang-orang. Hal itu karena tipe yang ini sering ditemukan pada ponsel pintar, PDA serta kamera digital dan memiliki kecepatan transfer sampai 480 Mbps. Bentuk dari Micro USB Tipe-A ini lebih lebar dan pipih daripada bentuk dari Mini USB.

  1. Micro USB Tipe-B

Tipe ini hampir sama dengan tipe yang sebelumnya yaitu banyak ditemukan di ponsel, kamera digital dan PDA serta memiliki kecepatan transfer 480 Mbps. Bedanya dari tipe-A adalah bentuknya yang sedikit melengkung.

  1. USB Tipe-C

Tipe yang satu ini saat ini sedang digadangkan sebagai USB yang memiliki kecepatan transfer lebih cepat daripada tipe-A dan tipe-B.

  1. USB On-The-Go

Tipe yang satu ini memungkinkan buat kamu yang mau menghubungkan perangkat ponsel pintarmu dengan flash disk. Ponsel pintarmu akan menjadi host bagi flash disk yang dihubungkan. Jadi, jika kamu ingin transfer data tidak perlu lagi repot-repot untuk menggunakan komputer atau laptop.

  1. Lightning

Ukuran USB ini hampir sama dengan micro USB. Namun sayangnya tipe ini dikhususkan untuk produk Apple yang diproduksi setelah September 2012 hingga kompatibilitasnya terbatas. Tipe lightning ini sendiri memiliki fungsi untuk menghubungkan perangkat dari produk Apple ke komputer dan kamera atau untuk mengisi daya baterai.